Senin, 07 November 2011

PUKULAN DALAM BILYARD

Empat Pukulan Dasar Dalam Bermain Billiard

Ada empat cara memukul bola dalam permainan billiard.
Empat pukulan ini merupakan pukulan yang paling dasar yang harus anda ketahui jika anda berkeinginan untuk menjadi orang yang bisa bermain billiard dengan benar.

Stop Shoot/Stop Stroke.
Pukulan ini membuat bola putih berhenti di tempat apabila dipukul sejajar dengan bola sasaran. Apabila tidak sejajar, bola putih akan bergerak normal (tidak telalu cepat dan tidak terlalu lambat). Pukulan ini juga merupakan pukulan yang paling mudah, karena titik pukul pada bola ada pada tengah-tengah bola putih.

Draw Shot/Draw Stroke.
Pukulan ini akan membuat bola putih mundur apabila dipukul sejajar dengan bola sasaran. Apabila tidak sejajar, bola putih akan memiliki sudut pantul yang lebih lebar dan berjalan lambat.Pukulan ini dapat dilakukan dengan memukul bola putih sedikit dibawah titik tengah dari bola. Pukulan ini jangan dilakukan terlalu di bawah titik tengah, karena jika dipukul dengan tenaga yang berlebih, bola putih justru akan menggelinding di atas stick/cue (atau yang sering dikenal dengan jump ball, walaupun teknik jump ballnya salah).

Follow Shot/Follow Stroke.
Pukulan ini akan membuat bola putih bergerak maju apabila dipukul sejajar dengan bola sasaran. Apabila tidak sejajar, bola putih akan memiliki sudut pantul yang lebih sempit dan bergerak lebih cepat. Pukulan ini dapat dilakukan dengan memukul bola putih sedikit diatas titik tengah.

Spin Shot/Spin Stroke.
Pukulan ini akan membuat bola putih bergerak pada sudut yang tidak semestinya setelah mengenai bola sasaran ataupun cushion/ban. Pukulan ini dapat dilakukan dengan memukul bola putih sedikit di sebelah kiri atau kanan dari titik tengah.

Keempat pukulan tadi merupakan pukulan dasar dalam bermain billiard. Keempat pukulan tersebut dapat dikombinasikan agar bola putih dapat berhenti pada sudut yang tepat pada bola berikutnya. Namun yang perlu diperhatikan dalam memukul draw shot adalah jenis tip anda. Tip yang keras cenderung membuat bola putih mundur dengan jarak yang lebih pendek dibanding dengan tip yang lembut apabila dipukul dengan tenaga yang sama. Kemudian dalam memukul spin shot (atau dengan mengkombinasikan dengan draw shoot/follow shoot), bola tidak akan lurus dengan sudut yang kita lihat sebelum memukul bola (karena kita memukul bola tidak di tengah). Jika kita memukul bola putih pada bagian sebelah kanan, maka bola tersebut akan bergerak sedikit ke sebelah kiri, inilah yang dinamakan dengan defleksi. Oleh karena itu, sebelum memukul dengan menggunakan spin shoot, pastikan anda dapat mengetahui defleksi dari Stick/Cue anda.

Sumber : http://www.rudylim.com/forum/40-sport-a-adventure/22-billyard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar